Belajar Memahami Makna Sholat Dari Para Sufi...
Al-Hujwiri: Shalat mengandung seluruh tahapan perjalanan menuju Tuhan, dari pertama hingga akhir, yang di dalamnya semua maqâmat (stasiun-stasiun spiritual) terungkap. Bagi para sufi:
- wudhu bermakna tobat,
- menghadap kiblat bermakna kebergantungan kepada seorang pembimbing spiritual,
- berdiri dalam shalat bermakna kediaman-diri,
- membaca ayat-ayat Al- Quran (dalam shalat) bermakna perenungan batin (zikir),
- ruku‘ bermakna kerendahhatian,
- sujud bermakna pengetahuan diri,
- membaca syahadat bermakna kemesraan dengan Tuhan, dan
- salam bermakna pemisahan diri dari dunia dan “melepaskan diri” dari ikatan “stasiun-stasiun spiritual” (maqâmat).
Ibn ‘Arabi: Shalat adalah puncak pertemuan antara Tuhan dan hamba, yang melaluinya seorang manusia—yang memiliki penglihatan batin (dhû bashar)—dapat “melihat Tuhan”. Sha- lat berarti penyaksian (musyâhadah) dan penglihatan (visiun, ru’yah) akan Allah.
Abu Thalib Al-Makki: Bagi orang yang mengenal Allah (‘ârif), setiap ucapan dalam shalat mengarah pada sepuluh ting- katan (maqâm) dan penyaksian (musyâhadah) kepada Allah, yaitu: (1) mengimani (îmân), (2) berserah diri (islâm), (3) ber- tobat (taubah), (4) bersabar (shabr), (5) ridha (ridhâ), (6) takut (khauf ), (7) berharap (rajâ’), (8) bersyukur (syukr), (9) men- cintai (mahabbah), dan (10) bertawakal kepada-Nya (tawak- kul). Kesepuluh makna ini merupakan tingkatan-tingkatan keyakinan.
Jalaluddin Rumi: Shalat adalah simbol seluruh kehidupan seseorang. Lewat shalat, kita mendapatkan cahaya petunjuk yang akan membimbing kehidupan kita. Shalat adalah juga percakapan paling dalam dan mesra antara pencinta dan yang dicinta.
Imam Al-Ghazali: Shalat memancarkan cahaya-cahaya di dalam hati, yang selanjutnya akan merupakan kunci bagi ilmu- ilmu mukasyafah, yang melaluinya terbuka pintu-pintu langit bagi si hamba yang sedang shalat serta dihadapinya ia oleh Allah Swt. dengan wajah-Nya.
Ibn Al-Qayim Al-Jawziyah: Sebagaimana buah puasa adalah penyucian jiwa, buah zakat adalah penyucian harta, buah haji adalah jaminan ampunan, buah jihad adalah penyerahan diri kepada-Nya—yang semuanya diberikan Allah Swt. untuk hamba-Nya dengan surga sebagai imbalannya—maka buah shalat adalah menghadapnya hamba kepada Allah dan menghadapnya Allah kepada hamba. Dalam menghadap Allah terdapat semua buah amal perbuatan yang tersebut sebelumnya, dan semua buah amal perbuatan itu menghadap kepada Allah di dalam shalat.
Syah Waliyullah Al-Dihlawi: Shalat adalah induk amal, obat penyembuh (ma’jûn). Shalat juga merupakan sebab besar bagi timbulnya cinta Allah dan rahmat-Nya. Jika shalat telah menyatu dalam diri seseorang, ia akan lebur dalam cahaya Allah, dan dosa-dosanya pun diampuni. Ia pun akan terhindar dari bencana-bencana yang disebabkan oleh kebiasaan (buruk). Shalat merupakan cara paling utama untuk melatih jiwa rendah agar tunduk kepada akal dan mengikuti keputusannya.
Ibn Sina: Shalat adalah menghadapnya hamba kepada Pemelihara segenap yang ada dan Penguasa semua makhluk penyaksian Al-Haqq, dengan kalbu yang bening dan jiwa suci yang terbebas dari segala hasrat (duniawi). Ia merupakan per- wujudan (manifestasi) kerinduan, ketundukan, dan rintihan tubuh partikular yang terbatas dan hina ini kepada Pemelihara segenap yang ada dan Penguasa semua makhluk. Ibadah sha- lat merupakan simulasi/penyerupaan (terhadap alam semesta), untuk menyerupakan (perilaku) raga dengan ruh, dalam kepatuhan kepada Sang Pencipta yang Mahatinggi. Dia menyuruh manusia untuk meniru shalat-akalnya dengan gerakan badaniahnya.
Al-Hujwiri: Shalat mengandung seluruh tahapan perjalanan menuju Tuhan, dari pertama hingga akhir, yang di dalamnya semua maqâmat (stasiun-stasiun spiritual) terungkap. Bagi para sufi:
- wudhu bermakna tobat,
- menghadap kiblat bermakna kebergantungan kepada seorang pembimbing spiritual,
- berdiri dalam shalat bermakna kediaman-diri,
- membaca ayat-ayat Al- Quran (dalam shalat) bermakna perenungan batin (zikir),
- ruku‘ bermakna kerendahhatian,
- sujud bermakna pengetahuan diri,
- membaca syahadat bermakna kemesraan dengan Tuhan, dan
- salam bermakna pemisahan diri dari dunia dan “melepaskan diri” dari ikatan “stasiun-stasiun spiritual” (maqâmat).
Ibn ‘Arabi: Shalat adalah puncak pertemuan antara Tuhan dan hamba, yang melaluinya seorang manusia—yang memiliki penglihatan batin (dhû bashar)—dapat “melihat Tuhan”. Sha- lat berarti penyaksian (musyâhadah) dan penglihatan (visiun, ru’yah) akan Allah.
Abu Thalib Al-Makki: Bagi orang yang mengenal Allah (‘ârif), setiap ucapan dalam shalat mengarah pada sepuluh ting- katan (maqâm) dan penyaksian (musyâhadah) kepada Allah, yaitu: (1) mengimani (îmân), (2) berserah diri (islâm), (3) ber- tobat (taubah), (4) bersabar (shabr), (5) ridha (ridhâ), (6) takut (khauf ), (7) berharap (rajâ’), (8) bersyukur (syukr), (9) men- cintai (mahabbah), dan (10) bertawakal kepada-Nya (tawak- kul). Kesepuluh makna ini merupakan tingkatan-tingkatan keyakinan.
Jalaluddin Rumi: Shalat adalah simbol seluruh kehidupan seseorang. Lewat shalat, kita mendapatkan cahaya petunjuk yang akan membimbing kehidupan kita. Shalat adalah juga percakapan paling dalam dan mesra antara pencinta dan yang dicinta.
Imam Al-Ghazali: Shalat memancarkan cahaya-cahaya di dalam hati, yang selanjutnya akan merupakan kunci bagi ilmu- ilmu mukasyafah, yang melaluinya terbuka pintu-pintu langit bagi si hamba yang sedang shalat serta dihadapinya ia oleh Allah Swt. dengan wajah-Nya.
Ibn Al-Qayim Al-Jawziyah: Sebagaimana buah puasa adalah penyucian jiwa, buah zakat adalah penyucian harta, buah haji adalah jaminan ampunan, buah jihad adalah penyerahan diri kepada-Nya—yang semuanya diberikan Allah Swt. untuk hamba-Nya dengan surga sebagai imbalannya—maka buah shalat adalah menghadapnya hamba kepada Allah dan menghadapnya Allah kepada hamba. Dalam menghadap Allah terdapat semua buah amal perbuatan yang tersebut sebelumnya, dan semua buah amal perbuatan itu menghadap kepada Allah di dalam shalat.
Syah Waliyullah Al-Dihlawi: Shalat adalah induk amal, obat penyembuh (ma’jûn). Shalat juga merupakan sebab besar bagi timbulnya cinta Allah dan rahmat-Nya. Jika shalat telah menyatu dalam diri seseorang, ia akan lebur dalam cahaya Allah, dan dosa-dosanya pun diampuni. Ia pun akan terhindar dari bencana-bencana yang disebabkan oleh kebiasaan (buruk). Shalat merupakan cara paling utama untuk melatih jiwa rendah agar tunduk kepada akal dan mengikuti keputusannya.
Ibn Sina: Shalat adalah menghadapnya hamba kepada Pemelihara segenap yang ada dan Penguasa semua makhluk penyaksian Al-Haqq, dengan kalbu yang bening dan jiwa suci yang terbebas dari segala hasrat (duniawi). Ia merupakan per- wujudan (manifestasi) kerinduan, ketundukan, dan rintihan tubuh partikular yang terbatas dan hina ini kepada Pemelihara segenap yang ada dan Penguasa semua makhluk. Ibadah sha- lat merupakan simulasi/penyerupaan (terhadap alam semesta), untuk menyerupakan (perilaku) raga dengan ruh, dalam kepatuhan kepada Sang Pencipta yang Mahatinggi. Dia menyuruh manusia untuk meniru shalat-akalnya dengan gerakan badaniahnya.